Pola Pengembangan Paragraf

Pola Pengembangan Paragraf - Yang dimaksud dengan pola pengembangan adalah bentuk pengembangan kalimat utama ke dalam kalimat-kalimat penjelas.

Dalam menjelaskan macam macam pola pengembangan paragraf kali ini, materi disusun dengan berbasis soal yang dapat disimpulkan sendiri oleh pembaca.

Isilah titik titik dibawah ini :

A. Pola Pengembangan Paragraf Rincian

Ada beberapa cara untuk mengatasi banjir di Jakarta. Pertama, ........................................................................................ Kedua, ....... .......... ....................... .............. .......... ........... Ketiga, .......... ............... ............................. ................... Keempat, ..................... .......... .................... ................. .

B. Pola Pengembangan Paragraf Sebab-akibat

Gelombang tsunami dahsyat melanda Aceh dan Sumatera Utara. Bangunan dan fasilitas kota sebagian besar hancur ......................................................................... ........ ................................. ............. .................... ..... ......... Ratusan ribu orang meninggal dan hilang ........................ ............................................. .......... .... .......... .........

C. Pola Pengembangan Paragraf Akibat-sebab

Kedisplinan dan sopan santun para pengendara di jalan raya rendah. Jumlah dan aneka jenis kendaraan yang sangat banyak ... ............... ....................... ......................................... .......... ........................... ........ ....... ....... ................ .................................. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan kemacetan di Jakarta terus terjadi dan sulit diatasi.

D. Pola Pengembangan Paragraf Analogi

Kemajuan di bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia tidak berbeda dengan kereta api bermesin uap yang menarik puluhan gerbong dengan muat ......... .............. .......... .......... ....... ............. ............ .... .... ..... ........ ........ ....... ............. ....... .................... ........................ ............ ................. .

E. Pola Pengembangan Paragraf Perbandingan

Ada perbedaan yang mencolok antara murid yang rajin dan murid yang malas. Murid yang rajin ...... ..... ....... ... ...................... .................... ................................ ............ Murid yang malas ............ ......... ...... ........ ...... .......... ............... .............................. ........... ............................................................ .

F. Pola Pengembangan Paragraf Generalisasi

Remaja zaman sekarang lebih mendambakan dan menghargai kebebasan. Remaja Indonesia pun tidak terlepas dari pola dan gaya hidup seperti itu. ....... .............. ............ ....... ............ .......................... ............ .............................................. ..................................................................... .


Sumber: www.sentra-edukasi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Perpanjangan SIM C